Jumat, 08 Januari 2010

KEAJAIBAN MUSIK DALAM HINDU (2)

- lanjutan -

Raga DESH terkenal dengan kekuatannya menekan kecenderungan indera jasmani sehingga dapat melepaskan energi negatif yang mempengaruhi kita. Dia menuntun seseorang dalam menempuh jalan rohani. Energi positif yang dibangkitkan raga ini memberikan ketenangan, kedamaian, keselarasan, kegembiraan batin, semangat juang yang benar, cinta universal, dan kepahlawanan. Lagu nasional Republik India ‘Vande Mataram’ disusun dengan raga Desh. ‘Vaishnava Janatho’ lagu kesayangan Mahatma Gandhi juga dalam raga ini.

persembahan nyanyian dan musik bagi Sang Ibunda Illahi

Raga MAYAMALAVAGOULA dikenal sebagai gerbangnya musik Carnatic. Sistem ini diperkenalkan oleh sang pujangga suci yang paling terberkati Sri Purandaradasaru, Bapak Musik Carnatic. Raga ini memiliki kekuatan menetralisir toksin dalam tubuh. Bila dinyanyikan dan didengarkan pada pagi hari, di tengah-tengah alam yang menyegarkan, maka dia dapat meningkatkan kekuatan kunci-kunci nada apapun yang akan dinyanyikan. Para pujangga menggunakan raga ini untuk menimbulkan rasa manis dalam karyanya.

Raga ANANDABHAIRAVI memiliki efek yang positif pada kerja pikiran, jantung dan pembuluh darah. Pemain biola terkenal, Kunnakudi Vaidyanathan, menjelaskan pengalamannya ketika berhadapan dengan seorang bernama Kannadasan. Kannadasan menantangnya untuk membuktikan efek dari raga Anandabhairavi terhadap tekanan darahnya yang tinggi saat mendengarnya dari gesekan biola K. Vaidyanathan. Sayang ketika konser biola akan dimulai, Kannadasan jatuh sakit cukup parah. Tekanan darahnya sangat tinggi, sampai dia tidak mampu bangun dan berjalan sendiri. Panitia penyelenggara lalu mengusahakan dengan segala cara agar Kannadasan bisa datang memenuhi janjinya walau dia sangat enggan. K Vaidyanathan lalu memainkan raga Anandabhairavi dengan sangat sempurna menggunakan biola. Tanpa disangka, pada akhir pertunjukan Kannadasan naik ke panggung dan mengumumkan pada semuanya bahwa dia sekarang merasa jauh lebih baik. Anandabhairavi memiliki pengaruh menyejukkan dan memulihkan yang sedemikian itu. Tamil Odhuvar Moorthigal pada umumnya menggunakan Anandabhairavi ketika melantunkan kidung suci Thevaram, Thiruvachakam, dan Divya Prabandham di Pura.

Raga SANKARABARANAM memiliki kekuatan yang tidak terbayangkan. Dia mampu mengobati sakit mental, mendamaikan pikiran yang kacau, memulihkan kedamaian dan keselarasan. Sankarabharanam bila dilantunkan dengan penuh kebaktian dan keyakinan selama jangka waktu tertentu, dapat menyembuhkan gangguan mental yang bahkan paling sulit diatasi secara medis. Arunachala Kavirayar, Muthutandavar, Suddhananda Bharati, Marimuthu Pillai, dan Mayuram Vedanayakam Pillai, banyak menggubah karya yang indah dan manis dalam raga ini.

Sankarabharanam, Perhiasan indah bagi Deva Siva

Sankarabaranam juga memiliki kekuatan untuk mencurahkan kemakmuran dan kekayaan. ‘Mahalaksmi Jaganmatha’ dari Papanasam Sivan adalah permata dalam raga ini. Muthuswamy Dikshithar memperbandingkan Sanakarabharanam dengan Akshaya-patram, wadah kekayaan yang tiada habis-habisnya. Beliau menggubah kidung ‘Akshaya Linga Vibho’ dalam raga ini untuk memuliakan ketidakterbatasan Tuhan. Pada tahun 80-an dibuat sebuah film Telugu yang berjudul Sankarabharanam. Film ini membangkitkan kembali perhatian masyarakat terhadap kekayaan musik klasik India. Semua lagunya menjadi hits dan mengangkat nama para penyanyinya yang sekarang menjadi legenda dalam dunia musik India. Salah satu lagu dalam film itu berjudul Omkaranadanu, mengisahkan betapa mulianya raga Sankarabharanam dalam dunia musik. Dia disebut raja semua raga. Berikut adalah liriknya,

OmkAra nAdAnusandhAnamou gAnamE SankarAbharaNamu
Lagu yang menjadi perhiasan bagi kekuatan suara rohani OM, tak lain dan tak bukan adalah Sankarabharanam.

Sankara gaLa nigaLamu Sreehari pada kamalamu
rAga ratna mAlika taraLamu (SankarAbharaNamu)

Sankarabharanam ini adalah permata mutu manikam yang bercahaya gemilang di tengah untaian batu-batu mulia bernama Raga. Inilah perhiasan yang melingkari leher Siva dan kaki padma Srihari (Vishnu).

menghiasi kaki padma Sri Hari

SArada veeNA rAga chandrikA pulakita SArada rAtramu
nArada neerada mahatee ninAda gamakita SrAvaNa geetamu

Sankarabharanam ini bagaikan indahnya malam musim gugur dihiasi kemilau cahaya rembulan, yang dimuliakan sebagai alunan merdu petikan Veena Devi Sarasvati. Sankarabharanam ini adalah nyanyian bulan Sravana yang dinaungi irama nada dari Mahati-veena milik Devarishi Narada dan gema suara dari awan-awan.

irama indah yang mengalun dari petikan senar Veena Devi Sarasvati adalah raga Sankarabharanam

rasikulakanurAgamai rasa gangalO taanamai
pallavinchu sAma vEda mantramu (SankarAbharaNamu)
Sankarabharanam ini adalah mantra dari Samaveda yang berendam di tengah pancuran perasaan, dihayati oleh para pujangga dan ahli musik, dan telah mekar dengan indahnya.

advaita siddhiki amaratva labdhiki gaaname sOpaanamu....
satva saadhanaku satya Sodhanaku sangeetamE praaNamu
tyAgarAja hrudayamai rAgarAja nilayamai
mukti nosagu bhakti yOga mArgamu
mRtiyalEni sudhAlApa swargamu (SankarAbharaNamu)
Hanyalah musik semata yang menjadi jalan menuji kesempurnaan Advaita dan kekalnya keabadian. Demi menemukan kebenaran akan alam semesta dan kesejatian Tuhan, demi mencapai yang termulia dari semua sifat yaitu Satvaguna, hanyalah musik semata yang menjadi kuncinya. Sankarabharanam ini adalah tahta hati Tyagaraja dan tempat bersemayamnya Tuhan Sri Rama. Inilah jalan pengabdian cintakasih yang menganugerahkan pembebasan dan kunci menuju alam kekekalan tempat mengalirnya madu musik yang indah.

Bila Anda ingin mendengar lagu ini, silakan download di sini. Sebagai kesimpulan, setiap raga memberikan rasa nyaman, bahagia, dan penuh makna. Masing-masing memiliki kekuatan dan karakteristiknya yang khusus. Apabila dengan tulus dan serius dihayati, maka tak dapat diragukan lagi, pasti akan memberi manfaat yang positif bagi mereka yang menyanyikan maupun mendengarnya. Inilah Keajaiban Musik dalam Hindu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plurk

Click untuk perbaiki dunia

Stop Smoking