Senin, 13 April 2009

गौडीय Goudiya Vaishnava Sampradaya (2)

Math-math Dalam Madhva Parampara
Srimadacharya Madhva memiliki ratusan murid, namun pada akhir masa hidupnya di bumi, beliau memilih beberapa yang paling dekat sebagai penerusnya. Mereka ini menjadi para Acharya yang pertama dari Asta-math atau delapan biara utama yang masih ada sampai sekarang di Udupi, distrik Kannada Selatan, negara bagian Karnataka, India. Mereka meneruskan Brahma-Madhva Sampradaya atau yang juga dikenal sebagai Tattvavada Sampradaya.
Pembentukan delapan biara atau Astamath ini dilakukan oleh Srimadacharya dengan memanggil delapan murid utamanya secara berpasang-pasangan pada saat Caturmasya di Kanya Tirtha. Beliau mendudukkan mereka berdelapan di bawah sebatang pohon Pippala dan memanggilnya secara berpasangan, secara terpisah memberikan mereka mantra, metode puja, dan ritual yang diperuntukkan bagi bentuk-bentuk tertentu dari Tuhan Yang Maha Esa Sri Krishna. Mereka juga diserahi tanggung jawab untuk melanjutkan dan melestarikan ajaran-ajaran Srimadacharya sepeninggal diri beliau. Para Sannyasi yang memegang tahta suci delapan Math dari Tattvavada ini melaksanakan bhajana, pemujaannya kepada Sri Nrtya Gopala (Udupi Krishna), dalam perasaan cinta para Gopika, di bawah bimbingan delapan Nayika Gopi di Vrajabhumi. Sri Padmanabhachari, penulis dari biografi Sri Madhvacharya dalam bahasa Inggris, menyatakan, “Para pe-megang tahta Sri Krishna (di Udupi) secara bergiliran, adalah para Gopi di Vrindavan, yang digerakkan oleh perasaan cintanya kepada Sri Krishna dengan keluhuran yang tiada terlukiskan, kini menjelma ke dunia demi melaksanakan hak istimewanya memuja Beliau.” Mereka disebut Paryaya-svami.
Pasangan pertama yang dipanggil oleh Srimadacharya adalah Srila Hrisikesha Tirtha yang mendirikan Palimar Math dan Srila Narasingha Tirtha yang mendirikan Adamaru Math. Pasangan kedua adalah Srila Janardana Tirtha, mendirikan Krishnapur Math, dan Srila Upendra Tirtha, mendirikan Puttige Math. Pasangan ke tiga adalah Srila Vamana Tirtha, mendirikan Shiruru Math, dan Srila Vishnu Tirtha yang adalah saudara kandung Srimadacharya sendiri sebagai pendiri Sode Math. Pasangan terakhir adalah Sri Rama Tirtha, mendirikan Kaniyuru Math, dan Srila Adhoksaja Tirtha, yang menjadi Acharya pertama Pejawar Math. Pada awalnya mereka secara bergiliran setiap dua bulan sekali menjadi penanggung jawab pelaksanaan puja harian di Udupi Sri Krishna Math, pusat dari biara utama yang didirikan Srimadacharya, dan merupakan kedudukan Sarvajna-pitha, Tahta Yang Mahamengetahui.
Selain Astamath terdapat delapan Math atau biara lagi di daerah Karnataka. Mereka adalah Uttaradi Math, yang merunut silsilah pemegang tahta sucinya sampai pada Srila Padma-nabha Tirtha (murid utama Srimadacharya yang menduduki Sarvajna-pitha setelah beliau), lalu Sosale Math yang berasal dari Srila Narahari Tirtha, Kundapura Math dari Srila Madhava Tirtha, dan Raghavendra Math dari Srila Aksobhya Tirtha. Sosale dan Kundapura Math berada di bawah pengelo-laan Sri Vyasaraja Math. Lalu ada cabang lain yang disebut Mulabagilu Math, berasal dari Srila Padmanabha Tirtha juga, yang menjadi kedudukan tahta suci Srila Sripadaraja Tirtha. Berikutnya ada Majjigehali Math yang juga dirintis oleh Srila Madhava Tirtha, dan Kudli serta Balegaru (Banagara) Math yang dirintis oleh Srila Aksobhya Tirtha.
Selain enambelas Math ini masih ada empat lagi yang merunut garis perguruannya ke dalam Madhva Sampradaya yaitu Subrahmanya Math, Bhandarkeri Math, Bhimannakatte Math, dan Citrapura Math. Subrahmanya Math berasal dari garis Srila Vishnu Tirtha. Lalu garis perguruan yang berasal dari Acyutapreksacharya, yaitu sannyasa-guru dari Srimad acharya, dilanjutkan oleh murid beliau yang kemudian menerima Srila Purusottama Tirtha sebagai gurunya. Sehingga garis perguruan ini juga tergabung dalam garis perguruan Madhva. Dari garis ini terbentuk dua Math, yaitu Bhandarkeri dan Bhimannakatte. Bhandarkeri Math sekarang di bawah pengelolaan Palimar Udupi Math. Citrapura Math merupakan cabang dari Pejawar Math yang didirikan oleh Srila Adhoksaja Tirtha.
Dua Math lagi didirikan dalam tradisi Madhva yaitu Gokarna-Partagali-Jivottama Math, gabungan tiga biara yang didirikan Srila Narayana Tirtha, yang menerima sannyasa dari Srila Ramacandra Tirtha pemegang tahta suci Palimar Math yang ke sepuluh, dan Kashi Math di Kanyakumari. Sedangkan di utara terbentuklah Brahma-Madhva-Goudiya Math yang merunut silsilah garis perguruannya dari Sri Vyasaraja Math.

Srimad Madhvacharya Bhagavatapada memuja Udupi Krishna di Vedanta-pitha

















Srimad Jayatirtha Tikarajacharya, matahari kedua setelah Madhva sampradaya














Srimad Sripadaraja Tirtha, salah satu Acharya yang paling terkemuka dalam Madhva-sampradaya. Beliau dikenal sebagai kakek gerakan Haridasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plurk

Click untuk perbaiki dunia

Stop Smoking