Senin, 13 April 2009

गौडीय Goudiya Vaishnava Sampradaya (3)

Vyasaraja Math
Murid Sri Madhva yang paling terkemuka adalah Srila Padmanabha Tirtha, Srila Narahari Tirtha, Srila Madhava Tirtha dan Srila Aksobhya Tirtha. Mereka adalah para Acharya penerus Madhva yang secara bergantian menduduki Sarvajna-pitha. Murid Aksobhya adalah Sripad Jaya Tirtha, yang dikenal sebagai Tikarajacharya, dan setelah beliau Sripad Vidyadhiraja Tirtha menjadi Acharya di Sarvajna-pitha. Setelah Acharya Vidyadhiraja terbentuk cabang. Srila Kavindra Tirtha memimpin cabang pertama dan seperti disebutkan sebelumnya, menjadi sumber dari Uttaradi Math serta Raghavendra Svami Math di Mantralaya. Cabang kedua dipimpin Acharya Srila Rajendra Tirtha. Kemudian oleh Srila Vijayadhvaja Tirtha, Srila Purusottama Tirtha, Srila Subrahmanya Tirtha, dan akhirnya Srila Vyasaraya Tirtha. Srila Vyasaraya atau Vyasaraja merupakan tokoh terbesar ketiga dalam Sampradaya Brahma, setelah Srila Tikarajacharya dan Srimadacharya Madhva.
Srila Vyasaraja merupakan guru dari Srila Purandara dasa. Beliau adalah yang berjasa mempopulerkan ajaran Madhva dalam bahasa Kannada, bahasa rakyat Karnataka. Inilah awal dari gerakan devosional paling revolusioner di daerah Karnataka yang dikenal sebagai gerakan Haridasa atau Dasakuta. Mereka menggubah berbagai lagu pujian dan menyampaikan ajaran bukan dalam bahasa Sanskrit sebagaimana layaknya golongan terpelajar. Namun mereka menjadikannya milik rakyat sepenuhnya dengan gerakan sankirtana berbahasa Kannada yang disebut Kannada-devaranama. Mereka juga membangkitkan kesusastraan berbahasa Kannada, Kannada Sahitya, yang secara khusus dikembangkan oleh para orang suci Haridasa, sehingga juga disebut Dasa Sahitya. Srila Vyasaraja sendiri dapat disebut sebagai ayah dari gerakan Haridasa ini. Haridasa juga merupakan bagian tak terpisahkan dari Sri Brahma-Madhva Sampradaya.

Srimad Vyasaraja Tirtha, matahari ketiga dalam Sampradaya. Beliau adalah guru dari Sri Laksmipati Tirtha yang menghubungkan Goudiya Vaishnava dengan parampara Madhva
















Sri Purandaradasa, penggagas gerakan Haridasa sekaligus salah satu bapak dari musik Carnatic (seni musik klasik India Selatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plurk

Click untuk perbaiki dunia

Stop Smoking