Rabu, 08 April 2009

Mangalacharanam



Dengan mendaraskan doa ini, hamba bersujud kepada kaki padma-Mu Yang Mahasuci dan menganugerahkan segala kesucian.


om ajnana-timirandhasya jnananjana-salakaya
caksur unmilitam yena tasmai sri-gurave namah

Hamba bersujud dengan hormat kepada Sang Guru Kerohanian, yang telah membuka mata hamba yang sudah dibutakan oleh kelamnya kebodohan, dengan pelita ilmu pengetahuan.
vande’ham sri-guroh sri-yuta-pada kamalam sri-gurun vaisnavam ca
sri-rupam sagrajatam saha-gana-raghunatanvitam tam sa-jivam
sadvaitam savadhutam parijana-sahitam sri-krsna-caitanya-devam
sri-radha-krsna padan saha-gana-lalita-sri-visakhanvitams ca

Hamba bersujud dengan hormat kepada kaki padma guru kerohanian hamba dan juga kepada semua guru kerohanian lainnya dalam garis perguruan pengabdian suci. Hamba bersujud dengan hormat kepada semua Vaisnava dan kepada para Gosvami yaitu Sri Sanatana, Sri Rupa, Sri Raghunatha, Sri Gopala Bhatta, Sri Raghunatha Bhatta, dan Sri Jiva. Hamba bersujud kepada Sri Advaita Prabhu, Sang Avadhuta Sri Nityananda Prabhu, Tuhan Sri Caitanya Mahaprabhu dan semua penyembah Beliau yang dipimpin oleh Sri Srivasa Thakura. Kemudian hamba juga mempersembahkan sembah sujud ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa Sri Krishna, Srimati Radhika, beserta semua gopi, yang dipimpin oleh Sri Lalita dan Visakha.

namo maha-vadanyaya krsna-prema pradaya te
krsnaya-krsna-caitanya-namne gaura tvise namah
Hamba bersujud ke hadapan Tuhan Yang Mahamurah hati. Engkau adalah Tuhan Sri Krishna Sendiri yang kini hadir dalam rupa Sri Caitanya Mahaprabhu yang berwarna keemasan. Engkau telah menyebarkan pengabdian cintakasih yang murni ke seluruh penjuru dunia.
ananda-lilamaya-vigrahaya hemabha divya-cchavi-sundaraya
tasmai maha-prema-rasa pradaya caitanya-candraya namo namaste
Hamba bersujud kepada Rembulan Kesadaran Tertinggi, Sri Caitanyacandra. Perwujudan sukacita kegiatan rohani, yang bercahaya gemerlap oleh keindahan kemilau emas cair, dan yang menganugerahkan nikmatnya rasa cintakasih yang paling agung kepada dunia.
sri krsna-tattva-nirdesa krpa yasya prayojanam
vande tam jnanadam krsnam caitanyam rasa-vigraham

Dengan segala hormat, hamba bersujud dalam-dalam ke hadapan Bhagavan Sri Krishna Caitanya Mahaprabhu, yang Rupa-Nya penuh sempurna oleh segala rasa kenikmatan rohani, dan merupakan penganugerah segenap pengetahuan. Tanpa mendapatkan belas kasih-Nya tak seorangpun dapat menginsafi kebenaran sejati mengenai Tuhan Yang Maha Esa Sri Krishna.
samudra-sosanam renor yatha na ghatate kvacit
tattva me tattva-nirdeso mudhasya ksudra-cetasah

Sebagaimana sebutir debu, tidaklah mungkin mampu menghisap seluruh air samudera, maka sungguhlah benar-benar sulit bagi seorang bodoh dan dungu seperti diriku ini untuk dapat menetapkan kebenaran (tattva-nirdesam).
kintu me hrdaye ko’pi purusah syamasundarah
sphuran samadhisat karyam etat tattva-nirupanam
Walaupun seorang insan nan remeh ini, tiada akan pernah mampu menetapkan kebenaran dengan secuil kecerdasannya, namun Sesosok Pribadi Kehitaman dengan wujud kesadaran murni tanpa noda, telah muncul di dalam hatiku dan menempatkanku dalam kekhusukan karya menegakkan kebenaran. Hanya demi alasan inilah diriku memantapkan hati melaksanakan tugas yang mustahil ini.


gathulanni khilamaina kaliyuga mandunu
gathi eethade chupe ghana guru daivamu
Pada Kaliyuga ini, saat semua upaya telah gagal, adalah beliau Srila A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupadaji Maharaja, Acharya agung yang menunjukkan kepada kita jalan untuk mencapai Tuhan Sri Krishna.
ithani karunane kaa ila vaishnavula maithimi
ithani vallane kanntini thirumani
Hanyalah berkat belas kasihnya hamba dapat menerima Dharma Vaishnava yang termulia dalam kehidupan hamba saat ini.
ithade upadesamichenu krishna-nama mantramu
ithade sri prabhupadulu iha para daivamu
Hanyalah karena beliau hamba dapat mengenakan Thirumani (Vaishnava-tilaka). Beliau telah mengajarkan rahasia Krishna-nama mantram. Bagi hamba Srila Prabhupada ini, sungguh-sungguh Para-devata, Junjungan yang termulia, di dunia ini maupun di dunia rohani.
velayinche eethadekaa vedapu rahasyamulu
chalamai eethade chupe saranagathi
Beliau telah mengungkapkan intisari Veda yang tersembunyi dan menunjukkan jalan penyerahan diri (saranagathi).
nilipinaadeethade kaa nijamudraadhaaranamu
malasi prabhupadulu maatalaade daivamu
Beliau juga mengajarkan cara yang benar untuk menempuh jalan kerohanian. Karena ini hamba memuja beliau sebagai Devata yang berbicara.
niyamamulu ithade kaa nilipe prapannulaku
dayatho mokshamu chupe thaganeethadu
Beliau telah menetapkan aturan-aturan bagi para prapanna (mereka yang menyerahkan diri dalam jalan pengabdian suci). Dengan belas kasihnya beliau telah memberikan pembebasan tertinggi kepada kita.
nayamai Sri Radhikeshu nagamekke vaakitanu
daya chuchi mammu nitte thalli tandri daivamu
Beliau, dengan kemurahan hatinya telah membawa kita menuju pintu gerbang kediaman Sri Radhikesha. Beliaulah ayah dan ibu sejati kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plurk

Click untuk perbaiki dunia

Stop Smoking